Minggu, 02 Februari 2014

KENALI DAN WASPADAI GEJALA " NGELITIK " PADA MOBIL


MENGATASI " NGLITIK " PADA NISSAN LIVINA FAMILY 

  1. Tenaga mobil berkurang
  2. Tarikan lemot
  3. Timbul suara " klitik klitik klitik " saat akselerasi atau nanjak

       jika mobil ganbroo mengalami gejala gejala seperti diatas kemungkinan besar kerak sudah menumpuk di ruang pembakaran , dibilang bahaya sih iya soalnya lama kelamaan ngelitik yang parah bisa mengakibatkan piston meleleh.   lho kok bisa...? jawabannya ya bisa ...,, hehehe
    berikut ane akan sedikit menjelaskan apa itu ngelitik , bagaimana proses terjadinya ngelitik , dan kronologi piston meleleh karena ngelitik parah dalam jangka waktu yang lama.

          gampangnya ngelitik adalah peristiwa pembakaran yg terjadi sebelum waktunya , kita mengenal dalam mesin 4 tak ada 4 langkah kerja yaitu langkah isap , kompresi , usaha / ekspansi , dan buang.
  • langkah isap
     piston bergerak dari  TMA ( titik mati atas ) ke TMB ( titik mati bawah ) , katup isap terbuka dan katup buang tertutup . hal ini mengakibatkan campuran bahan bakar + udara masuk ke ruang pembakaran
  • langkah kompresi 

    piston bergerak dari TMB ( titik mati bawah ) ke TMA ( titik mati atas )sampai dengan titik pemampatan yang maksimal / beberapa derajat sebelum TMA ( titik mati atas ), katup isap dan katup buang tertutup , pada saat ini campuran gas + bahan bakar dimampatkan sehingga temperatur dan tekanannya naik






  • langkah usaha 
         katup isap dan katup buang masih tertutup kondisi piston pada titik pemampatan maksimal ( beberapa derajat sebelum TMA ) ..,, busi memercikkan bunga api sehingga terjadi proses pembakaran yang maksimal..,,
    nah ini adalah normalnya , sedangkan nglitik terjadi pada saat piston belom berada pada titik pemampatan maksimal campuran bahan bakar dan udara sudah terbakar oleh benda lain ( misal kerak karbon ) yang menjadi arang dikarenakan temperatur yg tinggi dalam ruang pembakaran.
    akibatnya adalah pembakaran yang dihasilkan kurang maksimal ( ada sebagian bahan bakar yang tidak terbakar ) ..,, nah sesaat kemudian busi memercikkan bunga api sesuai dengan firing ordernya membakar campuran bahan bakar dan udara yg belum terbakar.
    jadi kesimpulannya ngelitik adalah pembakaran yang terjadi sebelum waktunya diakibatkan kerak karbon yang menjadi arang ,, yaitu sebelum piston benar benar pada titik pemampatan maksimal. dapat diartikan pula bahwa ngelitik adalah pembakaran yang terjadi 2 kali ... otomatis pembakaran yang terjadi 2 kali ini mengakibatkan temperatur yang 2x lipat lebih panas dibandingkan pembakaran normal ( overtemperatur ) nah overtemperatur inilah yang mengakibatkan piston bisa meleleh jika ngelitik dibiarkan terjadi dalam jangka waktu yang lama.
  • langkah buang 
       piston bergerak dari  TMB ( titik mati bawah ) ke TMA ( titik mati atas ) , katup isap tertutup sedangkan katup buang terbuka. gas hasil pembakaran terdorong oleh pergerakan piston melalui katup buang .








    gimana udah terjawab kan pertanyaan " kenapa piston bisa meleleh..? " 
    jadi ngelitik jangan dianggap  remeh ..,, bukan masalah tenaga yg kurang dan tarikan yg lemot tapi yang lebih berbahaya lagi adalah efek jangka panjangnya yaitu bisa mengakibatkan piston meleleh.
    bisa dibayangkan berapa biaya yg harus dikeluarkan untuk mengganti 4 piston + biaya  turun mesin.

    bocoran aja nih ya., estimasi untuk turun mesin + jasa di BERES nissan bisa mencapai 10jt . itu belom termasuk part yang harus diganti seperti piston.
    coba bandingkan dengan biaya tune up ( termasuk didalamnya membersihkan ruang bakar / kerak karbon ) yang cuma 300rb ( sudah termasuk jasa + carbon cleaner ). ...,, jauhh bangett brooo ... hehehehe

    "lebih baik mencegah daripada mengobati " adalah kata bijak yang pas buat agan agan pemilik mobil....,, hehehehe

    langsung aja gan yg merasa mobilnya mengidap penyakit " ngelitik " bisa hubungi ane .., ane siap membantu.
    untuk biaya tune up cukup mengeluarkan mahar 300rb ( termasuk ongkos + engine cleaner )
    agan gak perlu susah susah nyetrika jalan buat tune up ...,, cukup duduk manis dirumah ane siap nyamperin agan ... hehehhehe

    langsung gan hub no ini
    wa/sms 085777978802

    berikut adalah foto kerak karbon pada ruang pembakaran mesin

kerak karbon pada piston


kerak karbon di ruang bakar saat dibersihkan dgn karbon cleaner











                                                                                                   





http://spesialisnissandatsun.blogspot.com

2 komentar:

  1. Betul sekali Pak, lebih baik tune up rutin daripada harus merogoh kocek lebih dalam buat turun mesin.
    Salam

    BalasHapus
  2. Maaf sebelum ,, saya juga mengalami mslah hal yg sama pd mobil GL saya,,heranx mobil saya msih dpt 1 bulan dan Baru 1000km,, sdh saya bawa k bngkel resmi n penyebabx ktax sih ruang pembakaran kotor dan mlkukan pembobgkaran pd system injection nya ,pdahal saya dr awal mnggunakan BB pertamax,,stlah d servis masih ttep aja ada bunyi klitik ,,wlpun pihak bngkel resmi siap kpan sja akan mnservis ulang...mhon pencerahanx nggeh krn sngat mnganggu knyamnan dlm berkemudi ...trims

    BalasHapus